Entri Populer

Selasa, 15 Maret 2011

SOAL UTS Sistem Informasi Manajemen


Kisi Kisi Sistem informasi manajemen
1.     E-commerse adalah Perdagangan ( jual / beli ) melalui jaringan elektronik dimana komputer sebagai sarana yang digunakan untuk memudahkan semua operasi perusahaan.
  Menurunkan biaya pembuatan, pemprosesan, pendistribusian, penyimpanan, dan pencarian atau pengambilan informasiyang berbasiskan kertas.
  Mengurangi biaya pergudangan atau penyediaan dan biaya overhead atau exploitasi melalui penerapan fasilitas SCM atau pull-type supply chain management.
Biaya telekomunikasi yang lebih murah. Biaya internet lebih murah daripada value added networks (VANs)

Mengurangi penggunaan paper/kertas di berbagai aktifitas mulai dari tahapan desain, produksi, pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.

Ketiga, pendapatan utama (revenue) dari situs portal biasanya berasal dari empat sumber: members, content partners, advertisers, dan merchants. Sesuai dengan konsep bisnis portal, tentu saja pendapatan terbesar yang diharapkan harus berasal dari members, dalam arti kata jutaan orang yang mengakses situs portal setiap harinya merupakan pasar yang harus dimanfaatkan. Disini dibutuhkan keahlian manajemen dalam mengembangkan strategi khusus agar para pelanggan ini secara aktif melakukan kegiatan yang menghasilkan pendapatan bagi perusahaan terkait. Bayangkan berapa pendapatan yang dapat diperoleh seandainya saja setiap anggota memberikan kontribusi US$1 setiap harinya bagi situs dengan 2 juta pelanggan? Dalam bisnis ini, bekerja sama dengan rekanan merupakan kunci untuk memperoleh sumber pendapatan yang memadai.

2.     EDI/ELECTRONIC DATA INTERCHANGE / EDI
Merupakan transmisi / pertukaran data dalam bentuk terstruktur dan dapat dibaca oleh mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan tanpa pengetikan ulang melainkan memanfaatkan fasilitas internet.

ª  Manfaat Langsung : (biasanya dapat diukur dengan uang)
            -  Mengurangi kesalahan pada data.
            -  Mengurangi biaya.
            -  Meningkatkan efisiensi operasional.
ª  Manfaat Tidak Langsung : (diukur dengan manajemen puncak)
            -  Meningkatkan kemampuan bersaing.
            -  Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
            -  Meningkatkan pelayanan pelanggan.

* Penghematan Biaya : Penghematan ini didapatkan karena dengan EDI tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
* Kecepatan : Kecepatan ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengiriman dokumen hanya kurang dari 1 menit.
* Keakuratan : EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidak ada entry data ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (Error Correction Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat segera diperbaiki.
* Keamanan : Penggunaan enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
* Integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI. Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnya sehingga proses menjadi lebih efisien.
– Meningkatkan keuntungan dari adanya peluang mendapatkan bisnis baru.

3.     Pengertian
a.     Data adalah Fakta-fakta, angka-angka atau statistik-statistik yang daripadanya dapat menghasilkan kesimpulan.
b.    INFORMASI :
Data yang telah diolah / diproses sehingga memiliki arti atau manfaat  yang berguna.

4.     Pada perusahaan manufaktur, dua bidang fungsional terlibat dalam arus material tersebut. Fungsi manufaktur mengubah bahan baku menjadi barang jadi, dan fungsi pemasaran yang mendistribusikan produk jadi kepada para pelanggan. Kedua bidang tersebut harus bekerja sama untuk mempermudah arus material. Perusahaan manufaktur, sumber daya input adalah bahan mentah yang diubah menjadi barang jadi atau jasa melalui proses manufaktur. Mekanisme kontrolnya adalah manajemen perusahaan tujuannya adalah sasaran sasaran yang inging dicapai perusahaan dan lingkaran umpan baliknya adalah arus informasi kepada manajemen maupun dari manajemen











5.     Tahapan SLC

-          Tahap Perencanaan                                                                                    
Langkah langkah tahap ini :
Mengenali masalah
Mendefinisikan masalah
Menentukan tujuan sistem
Mengidentifikasikan kendala / hambatan sistem
Membuat studi kelayakan
Menyiapkan proposal penelitian sistem
Menyetujui atau Menolak Penelitian Proyek.
Menetapkan mekanisme pengendalian.

-          Tahap Analisis
Mengumumkan penelitian sistem
Mengorganisasikan Tim Proyek
Mendefinisikan Kebutuhan informasi
Mendefinisikan Kriteria Kinerja / Performance Sistem
Menyiapkan Proposal Desain Sistem
Menyetujui atau Menolak Rancangan Proyek


-          Tahap Desain / Rancangan
Langkah-Langkah Dalam Tahap Rancangan :
1.     Menyiapkan Rancangan Sistem  yang Detail.
2.     Mengidentifikasi Berbagai Alternatif Konfigurasi Sistem.
3.     Mengevaluasi Berbagai Alternatif Konfigurasi Sistem.
4.     Memilih Konfigurasi Terbaik.
5.     Menyiapkan proposal untuk implementasi.
6.     Menyetujui atau menolak implementasi sistem.

-          Tahap Implementasi  / Penerapan
Langkah-Langkah Dalam Tahap Implementasi :
1.     Merencanakan implementasi.
2.     Mengumumkan implementasi ~ menginformasikan mengenai keputusan untuk menerapkan sistem baru.
3.     Mendapatkan sumber hardware
4.     Mendapatkan sumber software
5.     Menyiapkan database
6.     Menyiapkan fasilitas fisik
7.     Mendidik peserta dan pemakai.
8.     Menyiapkan usulan konversi / cutover
9.     Menyetujui atau menolak masuk ke sistem baru.
10.  Masuk ke sistem baru.

-          Tahap Penggunaan / Pemeliharaan
Menggunakan sistem
Audit sistem
Pemeliharaan sistem

7.     Manfaat SISTEM INFORMASI dalam dunia bisnis adalah:
Dalam dunia bisnis teknologi informasi mempunyai dampak yang besar,misalnya suatu transaksi bisnis yang dicatat secara on-line, akan diolah dan pada saat yang hampir bersamaan (real-time) hasil pengolahan atau informasinya dapat dilihat, seperti yang lazim dilakukan para nasabah bank pada saat melakukan transaksi pada ATM (automated teller machine).
Pada saat ini informasi menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan bisnis, dengan dukungan teknologi informasi, informasi semakin mudah diperoleh tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Bahwa menjelang abad ke 21 negara-negara dan perusahaan-perusahaan yang unggul adalah mereka yang sejak awal sudah menerapkan teknologi informasi sebagai alat untuk berkompetisi. Teknologi informasi sudah menjadi senjata (alat) dalam proses bisnis perusahan yang dapat membuat aliran informasi berjalan secara cepat secara internal maupun eskternal.
`Manfaat utama dari perkembangan sistem informasi bagi sistem pengendalian manajemen adalah :
1. penghematan waktu (time saving)
2. penghematan biaya (cost saving)
3. peningkatan efektivitas (effectiveness)
4. pengembangan teknologi (technology development)
5. pengembangan personel akuntansi (accounting staff development).
Kegunaan sistem informasi pada lingkungan bisnis
 Mempermudah hubungan perusahaan dengan supplier, konsumen, partner maupun kompetitor, lewat data/flow informasi dari perusahaan ke masing-masing komponen diluar perusahaan sehingga perusahaan baik di tingkat manajemen operasional, taktis maupun eksekutif atas dapat mengetahui jumlah permintaan, tau apa yang harus dilakukan, dan dapat menyusun strategi demi tetap menjaga hubungan dengan komponen diluar perusahaan.
8.       Sistem informasi manajemen di dalam perancangan, penerapan dan pengoperasiannya sangat mahal dan sulit, jelaskan pendapat anda tentang hal tersebut berikan contoh.
Answer :
*               a.  Di dalam usaha pengembangan sistem informasi manajemen dibutuhkan peralatan yang canggih dengan berbasis teknologi komputer.
*               b.  Memerlukan orang-orang yang mempunyai ketrampilan tinggi, serta ahli di bidangnya. Karena untuk menghasilkan software atau aplikasi yang kemudian sebagai pengolah database selain membutuhkan tenaga ahli, waktu yang lama dan biaya yang diperlukan juga besar, karena belum tentu program pertama yang dibuat akan berhasil.
*                           c.   Berpengalaman lama di bidangnya.

9.      Apakah yang dimaksud dengan data dan informasi serta apa keuntungan pertukaran data dan informasi pada sebuah organisasi atau perusahaan, jelaskan berikan contoh!
Answer :

*                             a.  Data : fakta – fakta atau sesuatu yang dianggap (belum mempunyai arti) nyata yang nantinya akan  digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
*                              b.  Informasi : data yang telah diproses atau hasil pengolahan data yang memiliki arti. yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
*                              c.   Keuntungan pertukaran data dan informasi :
sebuah organisasi data dan informasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer, non-komputer atau kombinasi keduanya. tanpa adanya dua unsur  ini, kegiatan operasional tidak akan bisa berjalan karena organisasi membutuhkan informasi untuk bahan pengambilan keputusan dan untuk memperoleh informasi tersebut dibutuhkannya data – data yang bersumber dari liangkungan pendukung sebuah organisasi. Sehingga pertukaran data dan informasi sangat dibutuhkan.

10.  Jelaskan manfaat Sistem Informasi Manajemen bagi perusahaan baik Bisnis maupun non bisnis!
Answer ; 
Bagi perusahaan Bisnis
      SIM yang baik adalah SIM yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya SIM akan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta biaya  tak terukur yang muncul dari informasi.

Bagi perusahaan Non Bisnis:
      SIM berfungsi menyediakan informasi bagi pemakai dalam bentuk laporan dan output dari berbagai simulasi model matematika. Namun SIM pada perusahaan Non Bisnis ini pada umumnya bersifat social, sehingga perusahaan tersebut tidak pernah mengharapkan Profit atau laba dalam menjalankan usahanya.

11.  Apakah perbedaan antara sistem lingkaran terbuka dan sistem lingkaran tertutup, berikan contoh!
Answer :
*      Sistem Lingkaran Terbuka
Suatu sistem tanpa lingkaran umpan balik atau mekanisme pengendalian yang menunjukkan sistem terbuka dan sekaligus sistem lingkaran terbuka. Hanya sedikit perusahaan bisnis yang menggunakan konsep tersebut. Perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan sistem terbuka, tetapi umpan balik dan mekanise pengendaliannya tidak bekerja sebagaimana mestinya. Perusahaan itu mulai pada suatu jalan dan tidak pernah berganti arah. Jika perusahaan kehilangan kendali, tidak ada yang dilakukan untuk mengendalikan keseimbangan. Hasilnya adalah kehancuran sistem (kebangkrutan).
      Sistem Lingkaran Tertutup
Adalah suatu sistem yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian. Sistem tersebut dapat mengendalikan output-nya dengan membuat penyesuaian-penyesuaian pada input-nya.

12.  Cara membuat perencanaan strategis
a.     Menetapkan tujuan, menentukan arah yang akan dicapai dan hasil spesifik yang ingin diwujudkan organisasi.
b.    Merumuskan keadaan skarang, mengevaluasi apakah yang telah dicapai sampai sekarang dan menganalisis kekuatan dan kelemahan dari sumber daya yang dimiliki untuk mencapai sasaran masa depan.
c.     Identifikasi kemudahan dan hambatan, menganalisis faktor faktor lingkungan internal dan eksternal yang mengkin akan membantu atau menghambat pencapaian tujuan.
d.    Mengembangkan serangkaian tindakan, membuat alternatif tindakan pencapaian tujuan, menganalisa alternatif tindakan, memilih alternatif tindakan yang paling sesuai, implementasi dan evaluasi hasil untuk memastikan tercapainya tujuan, melanjutkan rencana dan tindakan koreksi bila diperlukan.
13.  MODEL
Model adalah penyederhanaan (abstraction)dari sesuatu. Model mewakili sejumlah objek atau aktivitas yang disebut dengan entitas (entity). Manajer menggunakan model untuk memecahkan permasalahan.
Jenis-jenis model.
Terdapat empat jenis model dasar, yaitu :
1. Model fisik,
2. Model naratif,
3. Model grafik,
4. Model matematika

2 komentar: