Entri Populer

Selasa, 15 Maret 2011

Soal UAS ekonomi manajerial


1.        Strategic behavior adalah
Rencana atau prilaku dimana seorang oligopolis atas pertimbangan reaksi yang mungkin dilakukan pesaing yang dengan sedikit perubahan dapat menimbulkan efek terhadap perusahaan pesaing lainnya. Perubahan yang dilakukan untuk memaksimalkan laba setelah memperhitungkan reaksi perusahaan lain misalnya Diferensiasi Produk.

2.        Game Theory : sebutkan, bedakan,  jelaskan, contohkan.
Game Theory sebagai terobosan baru dalam penelitian tentang oligopoly yg secara umum  berkaitan dengan strategi terbaik atau optimal dalam berbagai situasi konflik. Dimana strategi tersebut dapat menunjukan bagaimana sebuah perusahaan membuat langkah dan kebijakan dengan baik, memiliki keunggulan kompetitif dan mengantisipasi potensi yang merugikan perusahaan itu sendiri dari pesaingnya.
Dalam permainan dibedakan, yaitu :
a.         Permainan berjumlah nol (zero-sum game), keuntungan satu pemain sama dengan kerugian perusahaan lain,
Contoh, menaikkan harga menyebabkan seluruh konsumen beralih ke perusahaan saingan
b.         Permainan tidak berjumlah nol (nonzero-sum game)
Contoh, iklan keduanya meningkatkan laba (positive-sum game), sebaliknya dengan iklan keduanya mengalami penburunan laba atau rugi (negative-sum game)

Contoh:

misalkan perusahaan A ingin menambah penjualan dengan menurunkan harga produknya. Namun ia tidak memperhitungkan bahwa perusahaan sejenis lainnya, sebut saja B juga sedang memikirkan ide yang sama. Jika ada 2 perusahaan dengan produk homogen menurunkan harga, tentu perhatian konsumen yang awalnya 50% untuk 1 produk akan menjadi masing-masing 25% untuk 2 produk yang menurunkan harganya. Padahal kedua perusahaan telah menghitung bahwa untuk menutupi biaya produksi yang bertambah akibat penambahan demand, penjualan harus meningkat setidaknya 35%. Matrix dibawah ini menunjukkan besarnya laba / rugi perusahaan pada beberapa kombinasi :

Perusahaan B
Perusahaan A
Harga tetap
Harga turun
Harga tetap
2000,2000
-500,2850
Harga turun
2850,-500
1725,1725

Pada matrix diatas dapat dilihat bahwa pada saat keduanya menurunkan harga maka laba perusahaan justru berkurang, padahal untuk produksi lebih banyak unit tentu pengorbanan waktu dan biayanya lebih besar. Akibatnya, permainan menjadi lose-lose game bagi keduanya. Namun sebaliknya pula yang dapat terjadi apabila Game Theory diterapkan, permainan akan menjadi win-win game. Ketika kedua perusahaan berkorporasi dan menilai bahwa keputusan terbaik adalah sama-sama tidak mengubah harga semula, maka keduanya akan menang.

Atau

Apabila perusahaan A memilih untuk beriklan, keuntungannya adalah 4, bila tidak maka payoff nya 2. Strategi optimalnyaadalah untuk beriklan.

3.        Apa yang anda ketahui tentang strategi dominan, dan keseimbangan nash. Jelaskan secara singkat dan apabila dihubungkan dengan kondisi ekonomi.
Strategi Dominan :
Pilihan yang optimum bagi seorang pemain, apapun reaksi yang akan dilakukan oleh lawannya
Keseimbangan NASH atau Nash Equilibrium : (konsep John Nash, th 1951)
sebuah situasi ketika setiap pemain memilih strategi optimumnya untuk optimumnya, menghadapi strategi yang telah dilakukan oleh pemain lainnya. Keseimbangan strategi dominan adalah selalu keseimbangan Nash, tetapi keseimbangan Nash tidak memerlukan keseimbangan strategi dominan.


Perusahaan B
Perusahaan A
Pasang iklan
Tidak pasang iklan
Pasang iklan
4,3
5,1
Tidak pasang iklan
2,5
6,2
Perusahaan A tidak memiliki strategi dominan
-          Memasang iklan laba 4 atau 5
-          Tidak memasang iklan laba 2 atau 6
Perusahaan B memiliki strategi dominan
-          Memasang iklan laba 3 atau 5
-          Tidak memasang iklan laba 1 atau 2

4.        Apa yang anda ketahui tentang persaingan harga ? dan dilemma tahanan dalam ekonomi managerial. Dan biasanya dilakukan oleh siapa? apakah ini sangat bijak apabila dilakukan dalam situasi saat ini.
Persaingan Harga, kegiatan dimana beberapa perusahaan menjaga produknya dari pesaing lainnya agar tetap berkembang dan berada di tengah tengah konsumen.
Delema tahanan (prisoners delema),
situasi dimana setiap perusahaan melaksanakan strategi dominannya, tetapi masing masing dapat bertindak lebih baik (memperoleh laba yg lebih besar) bila bekerjasama.

Persaingan harga dan dilemma tahanan biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan  dengan produk homogen.

Mengingat strategi dominan telah dilakukan oleh perusahaan dan pesaingnya, maka dilemma tahanan sangat baik dilakukan, disamping bisa mengenal kualitas dan spesifikasi produk pesaing, perusahaan juga bisa melakukan perubahan untuk mengungguli produk pesaingnya itu. Karena dalam dilemma tahanan perusahaan dapat bertindak secara masing masing untuk meningkatkan laba.

5.        Ekonomi berkembang pesat, politik sangat mempengaruhinya (Cerita tentang P. Batam dgn segala keunggulan diberbagai sector industry dan pariwisata)
Keadaan Ekonomi suatu daerah sangat dipengaruhi oleh kondisi politik didaerah tersebut bahkan secara tidak langsung kondisi politik di Negara tetangga pun bisa berimbas pada perekonomian di daerah lain.
Batam adalah tempat dimana tingkat usaha industry cukup besar dan menjadi masukan pada PEMDA batam sendiri, ditambah lagi dengan lokasi wisata yg cukup diminati oleh pengunjung dari luar daerah. Namun kestabilan tersebut dapat terganggu ketika (MISAL) daerah ini sedang berada pada situasi politik yang tidak sehat demonstran dan huru hara dimana2 yang mempengaruhi kegiatan ekonomi external perusahaan perusahaan di daerah itu sendiri.

Pariwisata kata Edward merupakan sektor utama memiliki multi efek ganda dan akan mampu mempercepat laju perekonomian Kota Batam. Pariwisata, kata Edward, secara sederhana bisa meningkatkan geliat para pelaku ekonomi kecil bahkan para pelaku bisnis berskala besar yang saat ini malah terjebak pada pengembangan usaha ritel yang kian ekspansif di Batam.

Pariwisata dapat meningkatkan ekonomi kota Batam jika ada usaha dan pengembangan yang diiringi pemeliharaan dan pelestarian dari pemerintah secara optimal. Terpilihnya gubernur baru menunjang kesempatan kota batam untuk lebih maju, visi yang baru, birokrasi yang fresh ide dan gagasan yang disertai survey2 sehingga membawa perekonomian kota Batam maju pesat.
6.        Kasus gayus sedikit banyak mengguncang dan membuka kondisi moral politik di Indonesia. Tingkat angka kemiskinan yang masih tersisa dan belum tertuntaskan ditambah lagi kasus lumpur lapindo yang masih belum terjawab. Kondisi diatas adalah merupakan kondisi makro dan mikro diindonesia.. apa yang anda ketahui tentang ekonomi mikro dan makro.apa kah ekonomi managerial diindoneia sudah dapat diakatakan stabil. Apa alas an anda!
Ekonomi Mikro mengupas ilmu ekonomi dari sudut pandang ‘kepentingan unit-unit ekonomi terkecil’
Ekonomi Makro mengupas perilaku perekonomian sebagai suatu ‘keseluruhan’ (agregat) dan mengabaikan  masalah-masalah yang dihadapi oleh unit-unit individu.
Kegiatasan Ekonomi di Indonesia belum dapat dikatakan stabil
Kegiatan perekonomian suatu negara dipengaruhi beberapa factor seperti kualitas pemerintah-an, sumber daya alam, tingkat inflasi, kurs, investasi, politik, kondisi alam dan sebagainya. Jika hal hal tersebut berjalan dengan baik maka pertumbuhan ekonomi akan berjalan dengan baik.

Tetapi yang terjadi adalah kejahatan hukum yang makin meningkat seperti kasus gayus, atau bencana alam akibat dari proyek tertentu missal Lapindo, Banjir Bandang di Papua akibat penebangan hutan yg menyalahi aturan.
Atau meningkatnya jumlah pengangguran dan angka kemiskinan yang juga berdampak besar terhadap perkembangan Negara yang kita cintai ini.
Setelah pemerintah selesai dengan 1 masalah timbul maslah yg lebih pelik lainnya, yang mungkin lebih berpengaruh terhadap perekonomian mikro pada suatu daerah dan secara makro pada suatu Negara. Missal: lepasnya suatu wilayah di Indonesia dimana SDA diwilayah tersebut cukup memberi kontribusi keuangan Negara.

Selain factor-faktor tadi perekonomian juga dipengaruhi oleh kondisi perekonomian diluar negeri khususnya Negara yang menjadi acuan perekonomian dunia seperti US Amerika, jika perkembangan ekonomi mereka membaik maka sedikit banyaknya akan berpengaruh juga bagi Negara lain, begitu juga sebaliknya.

Pengaruh korupsi terhadap ekonomi indonesia:
Pertama, menghambat investasi dan pertumbuhan ekonomi. Kedua, korupsi melemahkan kapasitas dan kemampuan pemerintah dalam menjalankan program pembangunan. Sehingga, kualitas pelayanan pemerintah terhadap masyarakat mengalami penurunan. Layanan publik cenderung menjadi ajang 'pungli' terhadap rakyat. Akibatnya, rakyat merasakan bahwa segala urusan yang terkait dengan pemerintahan pasti berbiaya mahal.  Ketiga, sebagai akibat dampak pertama dan kedua, maka korupsi akan menghambat upaya pengentasan kemiskinan dan kesenjangan pendapatan. Yang terjadi justru sebaliknya, korupsi akan meningkatkan kemiskinan dan kesenjangan pendapatan. Keempat, korupsi juga berdampak pada penurunan kualitas moral dan akhlak. Baik individual maupun masyarakat secara keseluruhan. Selain meningkatkan ketamakan dan kerakusan terhadap penguasaan aset dan kekayaan korupsi juga akan menyebabkan hilangnya sensitivitas dan kepedulian terhadap sesama. Rasa saling percaya yang merupakan salah satu modal sosial yang utama akan hilang. Akibatnya, muncul fenomena distrust society, yaitu masyarakat yang kehilangan rasa percaya, baik antar sesama individu, maupun terhadap institusi negara. Perasaan aman akan berganti dengan perasaan tidak aman (insecurity feeling). Inilah yang dalam bahasa Al-Quran dikatakan sebagai libaasul khauf (pakaian ketakutan).
Kondisi ekonomi makro indonesia outlook 2009
Kondisi Ekonomi Makro Indonesia dan Outlook 2009

1. Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III 2008 mulai melambat menjadi 6,1% seiring dengan perlambatan ekonomi dunia.

2. Utang luar negeri Indonesia saat ini mencapai Rp 1.600 triliun
3. Jumlah penduduk miskin Indonesia per Maret 2008 mencapai 34,96 juta jiwa atau sekitar 15,42% dari total penduduk Indonesia. LIPI memprediksikan jumlah penduduk miskin tahun ini mencapai 41,7 juta jiwa sedangkan INDEF memperkirakan angka kemiskinan 2009 mencapai 40,4 juta jiwa.
4. Krisis ekonomi global berdampak pada perlambatan ekonomi dunia. Perlambatan ekonomi dunia berpengaruh pada berkurangnya jumlah ekspor kita. Negara tujuan utama ekspor kita mulai mengurangi jumlah permintaan barang dan jasa, berhemat dan mengubah gaya hidup.Oktober 2008 tercatat pertumbuhan ekpor kita mengalami penurunan terbesar sejak krisis 1998.



Prospek Ekonomi Indonesia 2008-2012
Secara umum, dengan asumsi pertumbuhan ekonomi dunia dan volume perdagangan dunia yang tetap tinggi, harga komoditas migas dan nonmigas yang masih pada level tinggi, kebijakan moneter dunia dan Indonesia yang relatif stabil, kondisi fiskal Indonesia yang masih mantap, serta aliran FDI ke Indonesia yang meningkat, perekonomian Indonesia 5 tahun ke depan diprakirakan akan semakin membaik dan berada dalam kisaran 7,4-8,0%.

Pertumbuhan ekonomi mikro masih tergolong rendah, paling tidak hingga 2010. Hal itu ditunjukkan dengan rendahnya angka pertumbuhan industri kecil menengah (IKM) yang hanya 4 persen. Karenanya, IKM baru dapat menyumbang 30 persen produk domestik bruto (PDB) industri.


7.        Kurva Effect of Advertising

Catatan :
a)         Dengan advertising akan menyebabkan penurunan profit (Mπ turun)dikarenakan adanya penambahan biaya berupa biaya iklan, dimana biaya akan mengurangi jumlah keuntungan
b)        Pada awal penerapan advertising Mπ lebih tinggi dari MC, namun dalam jangka panjang atau Q yang lebih besar Mπ lebih rendah dari MC (benefit atas advertising   semakin meningkat)  Mπ  tinggi karena timbul biaya advertising
  

8.        Gambarkan dan jelaskan tentang kurva optimal qty of advertising ilustrasikan dengan sebuah cerita
Catatan :
 - Dengan advertising akan menyebabkan penurunan profit (Mπ turun)
 - Pada awal penerapan advertising Mπ lebih tinggi dari MC, namun dalam jangka
   panjang atau Q yang lebih besar Mπ lebih rendah dari MC (benefit atas advertising
   semakin meningkat) 





1 komentar: